PT. PERTAMINA (Persero) BERIKAN MODAL & BINAAN USAHA UNTUK BISNIS ANDA

Jumat, 02 Maret 2012


 
Mitra Binaan Bisa Mendapatkan bantuan Rp. 10-50 Juta.

Program Kemitraan Pertamina merupakan program untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil mitra binaan agar menjadi tangguh dan mandiri sekaligus memberikan multiplier effect bagi peningkatan kesejahteraan masyarakan sekitar wilayah operasi Pertamina guna mendukung kegiatan usaha Pertamina dan mitra bisnis. Apa syarat agar bisa menjadi mitra binaan Pertamina?

Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Pertamina mempunyai visi menjadi lembaga pembinaan usaha kecil dan koperasi terkemuka yang dapat mengangkat citra Pertamina di mata masyarakat Indonesia. Salah satu misinya menjadikan usaha kecil dan koperasi mitra binaan sebagi unit usaha yang produktif, efisien, profitable, dan dapat mendukung usaha dan mengangkat citra Pertamina. Program ini hadir sejak tahun 1993 sebagai bentuk kepedulian Pertamina terhadap usaha kecil dan koperasi di berbagai tempat di tanah air.
 “Bagi kita (baca: Pertamina) program ini hadir untuk membantu dan meningkatkan usaha kecil . Kita utamakan usaha kecil yang memproduksi atau mengolah bahan baku menjadi produk jadi. Contohnya dari enceng gondok yang telah di keringkan kemudian menjadi tas,” papar Rudi Sastiawan SE, MM, Kepala Program Kemitraan- Divisi PKBL, Direktorat Keuangan, Pertamina. Jadi, hampir semua sektor usaha boleh mendapat bantuan Pertamina kecuali usaha-usaha yang bersifat kurang memberdayakan sumber daya manusia seperti katering, organ tunggal dan salon.
Bagi siapa saja yang tertarik untuk mendapatkan bantuan dari Pertamina maka bisa mengajukan melalui 23 kantor unit Pertamina yang terletak di berbagai tempat di Indonesia. Untuk daerah operasi hulu antara lain Aceh Timur, Bajubang-Jambi, Prabumulih-Sumatera bagian selatan, Brastagi-Sumatera Utara, Cirebon-Jawa Barat, Cepu-Jawa Tengah, Garut-Jawa Barat, Balikpapan-Kalimantan Timur, Minahasa-Sulawesi Utara, Sorong-Papua.
Untuk unit pengolahan antara lain: Pangkalan Brandan-Sumatera Utara, Dumai-Riau, Plaju-Sumatera Selatan, Cilacap-Jawa Tengah, Indramayu-Jawa Barat, dan unit Pemasaran antara lain : Medan, Palembang, Jakarta, Semarang, Surabaya, Balikpapan, Ujung Pandang dan Jayapura. “Bagi yang mengajukan kredit dari Range Rp. 0-25 juta bisa melalui kantor unit Pertamina di berbagai daerah dan biasanya waktu yang di butuhkan sampai bantuan di kucurkan 2 minggu sedangkan untukrange Rp 25-50 juta harus melalui kantor pusat Pertamina Jakarta dan waktu yang dibutuhkan dari apply sampai dikucurkan bantuan biasanya 1 bulan. Artinya, plafon maksimal peminjaman hanya sampai 50 juta, dengan batas pengembalian selama 3 tahun,” ujar pria kelahiran Yogyakarta 18 Agustus 1960 ini.

BESAR PENJAMAN DAN PENGEMBALIAN.
Untuk tahun ini (2006) Pertamina menyediakan dana PKBL sebesar Rp. 58 Milyar. setiap mitra binaan bisa mendapat bantuan yang jumlahnya antara Rp. 10 – 50 juta dengan bunga yang bervariasi. Pinjaman Rp 10 juta bunganya 6%, Rp 10-30 juta bunganya 8%, Rp 30-50 juta bunganya 10% dan diatas 50 juta bunganya 12% setahun. “Biasanya dana PKBL  tiap tahun meningkat tergantung dari keuntungan yang telah di peroleh Pertamina,” tambahnya. Sejauh ini, dana yang disalurkan pertamina telah mencapai 438 miliar (july 2006).
PERSYARATAN
Menurut Rudi, sejauh ini ada 20-30% tunggakan dari mitra binaan. “untuk meminimalkan tunggakan kita menggunakan cara dengan jaminan atau agunan. Biasanya yang di jadikan agunan  atau jaminan itu BPKB atau sertifikat tanah. Selain itu, setiap pengajuan kredit oleh mitra binaan  harus di lampirkan surat dari RT/RW/Lurah yang menyatakan calon mitra tersebut benar-benar berdomisili di daerah tersebut, jga di tambah dengan KTP dan KK serta surat rekening listrik karena kalau KK dan KTP bisa di palsukan sedangkan surat rekening listrik susah untuk di palsukan.” katanya.
Sosialisasi Pertamina agar program kemitraan dan bina lingkungan dikenal melalui berbagai cara dengan menyebarkan Brosur, Website, Komunikasi antar mitra binaan dan tentu saja media massa memiliki peranan penting.
Syarat-Syarat mengikuti program kemitraan Pertamina :
1.    Telah Menjalankan usahanya minimal 1 (satu) tahun serta mempunyai potensi dan prospek untuk di kembangkan.
2.    Memiliki kekayaan bersih maksimal Rp 200 juta (tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha), atau memiliki omset penjualan tahunan paling banyak Rp 1 miliar.
3.    Warga Negara Indonesia.
4.    Bersedia menyerahkan agunan/ jaminan atas pinjaman .
5.    Tidak sedang mendapat bantuan pembinaan dari BUMN dan instansi sejenis yang lain.
6.    berbentuk badan usaha perorangan, badan usaha yang tidak berbadan hukum atau badan usaha yang berbadan hukum termasuk koperasi.
DOKUMEN YANG HARUS DISIAPKAN :
No & Dokumen
Usaha kecil belum berbadan hukum
Usaha kecil telah berbadan hukum
Koperasi
1. KTP
V
V
V
2. Kartu Keluarga
V
-
-
3. Akte Pendirian
-
V
V
4. SIUP, TDP, NPWP dan Ijin lainnya
-
V
V
5. Surat Keterangan Domisili Usaha
V
V
V
6. Lap. keuangan minimal 1 periode
V
V
V
7. Proposal rencana pembiayaan usaha
V
V
V
8. Bukti kepemilikan jaminan*
V
V
V
*)untuk limit dengan jumlah tertentu 
Info lebih lanjut dapat menghubungi :
·         Pertamina (Head Office) Jl. Merdeka Timur 1 A, Jakarta 10110. Telp: 021-3456235, website: www.pertamina.com . Email : pkbl[at]pertamina.com
·         Semarang. Jl. Pemuda 114, Semarang Telp: 024-3581420
·         Surabaya. Jl. Jagir Wonokromo 88, Surabaya. Telp: 031-8405609
·         Balikpapan. Jl. Letjen Suprapto Balikpapan, Kalimantan Timur. Telp: 0542-742211
·         Sulawesi Utara. Jl. Raya Lansot 9 Tomohon, Minahasa, Sulawesi Utara. Telp: 0431-353380
·         Sorong. Jl. Jend A.Yani. Telp: 0951-322352
·         Sumatera Utara. Jl. DR Wahidin No. 1 Pangkalan Brandan, Sumatera Utara. Telp: 0620-20335
·         Ujung Pandang. Jl. Garuda 1, Ujung Pandang. Telp: 0411-835451
·         Palembang. Jl. Jend A Yani No. 1247, Palembang. Telp: 0711-519556
Sumber info : www.partisimon.com

0 komentar:

Poskan Komentar

 
FASILITAS BANK © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions